Minggu, 26 Februari 2012

Untung Sangat Menggiurkan dari Usaha Penetasan dan Pembesaran Meri


• Balik Modal Hanya 4 hingga 5 Bulan
• Bisa Dilakukan di Sekitar Rumah

Tren olahan bebek yang makin booming saat ini, membuat usaha penetasan telur bebek menjadi meri (bayi bebek) dan pembesaran meri menjadi bebek muda (usia 3 bulan) makin berpeluang untuk menjadi lading usaha yang menggiurkan. Apalagi saat ini harga bebek tua bisa dua kali lipat lebih mahal dibandingkan bebek muda. Seperti apa geliat usaha penetasan telor bebek menjadi meri dan pembesaran meri menjadi bebek muda ini?

Usaha peternakan meri terbagi atas usaha penetasan telur bebek yang menghasilkan meri dan kedua usaha pembesaran atau peternakan meri. Menurut Drs. Arsidi, Ketua Kelompok Tani Ternak Itik “Rambon Sejati” di Cirebon, Jawa Barat, kedua usaha ini sama-sama menguntungkan. Perbedaan usaha ini, ternak meri membutuhkan lokasi yang cukup luas, sedangkan usaha penetasan bisa dilakukan pada tempat yang sangat terbatas. Selain itu usaha ini juga bisa dikerjakan oleh keluarga di rumah. Jadi benar-benar home industry.
Yang dimaksud dengan meri adalah anak bebek, atau belum menjadi bebek. Pembesaran meri jantan menghasilkan bebek pedaging dan meri betina yang dibesarkan menghasilkan telur bebek.
Seperti diakui oleh Drs. Arsidi, banyak sekali permintaan akan bebek, yakni dari dagingnya dan telur. Tingginya permintaan akan bebek pedaging yang begitu besar juga terlihat dari beberapa rumah makan, restoran dan warung tenda yang menawarkan bebek sebagai menu unggulan sehingga membuat harga bebek melonjak tinggi.
Karena melonjaknya harga bebek terutama untuk bebek tua yang dijual setelah masa pembesaran 6 bulan, kini beberapa dari rumah makan atau restoran ada yang beralih menggunakan bebek muda. Sebut saja Sugeng, pemilik warung tenda Joko Putra di kawasan Pasar Blok A, Jakarta Selatan dimana selain bebek tua ia juga memakai bebek muda yang usianya 3 hingga 4 bulan. “Kami pakai bebek muda karena harga lebih murah dari bebek tua dan proses memasaknya juga tidak terlalu lama. Selain itu juga banyak dari pembeli yang suka dengan bebek muda,” ungkap Sugeng.
Bebek jantan dewasa atau pedaging harganya sekitar 25 ribu-30 ribu per ekor dan bebek betina siap telur atau disebut juga bebek bayah harga jualnya Rp. 45 ribu-50 ribu. Harga ini berbeda jauh jika dibandingkan dengan harga bebek muda atau meri yang dibesarkan dari usia 45 hari hingga 3 bulan. Sedangkan menurut Nur Ikhsan, peternak dan pengepul bebek muda/meri di Mojokerto, harga dari peternak untuk usia 45 hari dengan berat 1 kg/ekor Rp. 16.500, 60 hari berat 1,2 kg/ekor Rp. 22 ribu, dan dengan berat 1,4 kg/ekor hingga 1,5 kg/ekor Rp. 27 ribu pada usia 3 bulan.

Prospek. Prospek ternak pembesaran meri menjadi bebek muda ini akan terus meroket. Seperti yang diungkapkan Dody Faizal, Ketua Kemitraan Ternak Bebek Desa Sadar Mojoanyar, Peternak di Mojokerto, Jawa Timur baru bisa memenuhi permintaan sebesar 90% untuk pasar Surabaya, Mojokerto, Jakarta dan Bali.
Dengan semakin besarnya permintaan bebek muda, maka permintaan akan meri yang akan dibesarkan menjadi bebek muda atau disebut DOD (Day Old Duck) juga semakin tinggi. Namun menurut Drs. Arsidi penetas meri atau penghasil DOD masih terbilang sedikit. Di Jawa Barat misalnya sentra penghasil DOD adalah di Desa Kroya dan Karanganyar Cirebon. Dari Desa Kroya baru bisa memenuhi kurang dari 50% permintaan. Desa Kroya baru bisa memasok rutin DOD untuk daerah Sumatera Selatan. Muara Enim Palembang, Jambi, Lampung, dan Jakarta Utara sebanyak 20 ribu ekor/minggu. Ada juga pelaku usaha yang memasok DOD ke daerah Medan dan Padang.
Sedangkan untuk sentra pembesaran meri menjadi bebek ada di daerah Karawang, Cirebon, Brebes dan Mojokerto yang terkenal adalah bebek Mojosari, karena salah satu sentra ternak bebek di Mojokerto terdapat di Kecamatan Mojosari. Di Kabupaten Mojokerto ini juga terdapat beberapa kelompok tani ternak bebek. Salah satu kelompok ternak bebek terkenal adalah kelompok tani ternak bebek Lestari Jaya yang terletak di Desa Modopura, Kecamatan Mojosari. Jumlah anggota kelompok tani ternak bebek tersebut 42 orang semuanya wanita. Produk yang dihasilkan oleh kelompok tani ternak bebek tersebut adalah telur bebek, DOD, dan telur asin.

Suhu. Untuk usaha penetasan meri sebelumnya bisa dilakukan dimana saja/segala daerah di Indonesia namun tetap memperhatikan suhu alat penetasnya dengan baik, yakni suhu sekitar 38 derajat C dan kelembaban sekitar 60%. Beberapa daerah yang berpotensi untuk usaha penetasan telur bebek, yakni daerah Indramayu, Tegal, Subang, Lampung, Bengkulu, Muara Enim (Palembang), pelosok Banjarmasin, dan Timika (Papua). Begitu pula untuk usaha peternakan meri yang sangat penting diperhatikan adalah suhu. Meri lebih menyukai tempat hidup yang hangat, seperti di daerah sepanjang Pantura (Pantai Utara). Untuk beternak meri sebaiknya berada pada wilayah yang suhunya 33-35 derajat C. daerah ternak meri di Indonesia, yakni wilayah Cirebon, Mojosari-Jawa Timur, Karawang, Bali, dan Kalimantan Selatan.
Menurut Drs. Arsidi, supaya suatu daerah benar-benar sukses dalam usaha bebeknya, perlu adanya konsep “segitiga bebek”, yakni pertama terdapat kelompok ternak, kedua terdapat kelompok koperasi untuk pemasarannya, dan ketiga adanya pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM). Jadi jika ada masyarakat yang ingin mempelajari seluk beluk usaha bebek mulai dari penetasan telur sampai cara ternaknya. Kelompok Tani Ternak Itik “Rambon Sejati” siap memberikan ilmu berupa materi dan praktek usaha.
Usaha pembesaran meri sangat menguntungkan karena pemeliharaanya sangat mudah pemeliharaannya sangat mudah ketimbang aya. Pertama dari segi pakan meri bisa menggunakan apa saja yang paling penting mengandung karbohidrat seperti roti kadarluarsa, mie kadarluarsa, keong, dan kepala udang. Kedua dari segi pemeliharaan bebek tidak mudah terkena penyakit. Yang terakhir dari faktor kandang, peternak dapat menggunakan terpal untuk atap kandang dan pagar untukbadan kandang. Sedangkan untuk DOD (meri) usia 1 thingga 15 hari cukup diberi penghangatan dengan menggunakan lampu neon dan kandang yang diberi atap jerami atau bisa juga menggunakan kandang panggung, yaitu kandang yang pagarnya dari bamboo dan lantainya dari kawat ram yang jaraknya dari tanah sekitar 100 cm.

Pemasaran. Alur pemsaran usaha penetasan di daerah Cirebon, yakni telur dibeli dari beberapa penduduk setempat, kemudian ditetaskan. Meri tersebut lalu dijual ke Bandar atau lengsung ke konsumen/perorangan. Harga telur yang tidak dipilih berdasarkan kondisinya Rp. 1000/butir. Untuk harga meri jantan yang baru menetas usia 0 hari Rp. 2500/ekor, sedangkan yang betina Rp. 5000/ekor (lebih mahal karena bisa menjadi bebek petelur). Harga di Bandar hanya berbeda Rp. 200-300/ekor. Biaya produksi terbilang cukup sedikit karena tidak perlu pakan dan tempat yang luas.
Sedangkan untuk alur distribusi pembesaran meri menjadi bebek muda di daerah Mojokerto, Jawa Timur yakni ada dua alur. Pertama peternak besar yang juga seorang pengepul menjual langsung ke restoran atau rumah makan dengan harga dari peternak untuk usia 45 hari dengan berat 1 kg/ekor Rp. 16.500, 60 hari berat 1,2 kg/ekor Rp. 22 ribu, dan dengan berat 1,4 kg/ekor Rp. 27 ribu pada usia 3 bulan. Atau langkah kedua bebek dijual ke pengepul 1, pengepul 2, supplier besar. Setelah itu bebek muda dipasarkan ke restoran atau warung tenda. Untuk sistem pemasaran ini harga bebek muda di peternak relative lebih muda sehingga harga jual ke konsumen lebih tinggi (restoran, rumah makan dan warung tenda). Biasanya harga bebek muda/meri dari peternak selisihnya Rp. 1000 lebih murah dibandingkan harga jual dari pengepul atau supplier besar.

Kendala. Permasalahan yang dihadapi kelompok tani ternak meri untuk mengembangkan usaha ini umumnya adalah kurangnya modal usaha, terbatasnya sarana pengelolahan, dan kurangnya pengetahuan dan keterampilan peternak di bidang pengolahan daging.
Hal lainnya ang kadang menjadi masalah dalam usaha penetasan telur bebek menjadi meri biasanya berkaitan dengan keteledoran peternak, seperti terlambat atau lupa membalik posisi telur, bahan bakar minyak habis atau pun air untuk uapnya habis. Untuk mengatasinya tentu butuh kesadaran pribadi atau dengan pembagian tugas secara disiplin.
Sedangkan pada usaha pembesaran meri. Menurut Tukiran, peternak pembesaran meri dan pengepul bebek muda di Desa sadar Tengah Mojoanyar, Mojokerto, Jawa Timur, untuk usaha pembesaran meri kendala lebih banyak pada penentuan harga yang sudah dipatok oleh pengepul.

Direktori Usaha Penetasan dan Ternak Meri

Penetasan dan Peternak Meri


Kelompok Tani Ternak Itik “Rambon Sejati”
Jl. Tengah Desa Kroya Kecamatan Panguragan
Kabupaten Cirebon, Jawa Barat 45163
Telp : 0813 207 212 81

Ratma/Suratman
Kp. Pakopen RT.01/03, Ds. Tegalsari, Kec. Purwasari, Karawang, Jawa Barat
Telp: 08818145264, 081311274872

Peternak “Win A Duck’s”
Desa Kroya, Cirebon
Email: win.a.duck@gmail.com

Peternakan Dody
Jombang & Mojokerto, Jawa Timur
Telp: 0811300481

Sumber Jaya Fram
Surabaya 60253, Jawa Timur
Gerbangkertasusila
Telp: (031) 70271672
081332097003 (Irwan)

Pak Tukiran
Desa Sadar Tengah Rt. 12 Rw. 2
Kec. Mojoanyar, Kab. Mojokerto, Jawa Timur
Telp: 0321 6109539

Penjual Telur Bebek

PT. Citra Nuansa Persada
Jl. Raya Malaka Hj. Bandan Rorotan, Jakarta Utara
Telp: 021 79192735
Fax: 021 79192735

CV. Bebek Udang
Jl. Kelurahan Tamanan No.8 Rejokusuma, Banguntapan Bantul
Yogyakarta 51289
Telp: 0274 418346
Fax: 0274 418346]081325882028

CV. Persada Trading
Semarang, Jawa Tengah
Telp: 024 70984618
081388473233

Yayang M
Jl. Langut, Indramayu, Jawa Barat
Telp: 0817617215

CV Sky
Jl. Banturan Raya Blok BP.4 Fajar
Indah Solo 57171, Jawa Tengah
Telp: 0271 5860 754
08884113014, 085647017847

Sentra Ternak
Jl. Mertojoyo Blok N-2, Malang, Jawa Timur
Telp: 0341 9127374
081555640540

Cahaya Mulya
Embong Malang Cemeng Kalang
Sidoarjo 61221, Jawa Timur – Gerbangkertasusila
Telp: 031 70170136, 78091533
08885089010, 085854150141

Penjual Mesin & Alat

Kelompok Tani Ternak Itik “Rambon Sejati”
Jl. Tengah Desa Kroya Kecamatan Panguragan
Kabupaten Cirebon, Jawa Barat 45163
Telp : 0813 207 212 81

Glory Bators
Jl. Raya Parung – Bogor Km 3,3
Desa Pemagar Sari, Kampung Sawah,
Parung, Bogor, Jawa Barat
Telp: 021 70007595
08159996258, 08176000323

PT. Toko Mesin Maksindo
Ruko Laguna Kav. 6-7, Jl. Sunandar
Priyo Sudarmo 31 Malang, Jawa Timur
Telp: 0341 4345981-84
Fax: 0341 4345980
Jl. Kresna No.2 Polehan – Malang, Jawa Timur
Telp: 0341 355897

PT Hemal Agrinusa
Jl. Pinang Ranti Barat No. 30F, Kampung Makasar,
Jakarta Timur 13560
Telp: 021 68483291, 80876873, 081849707
Fax: 021 80876873

Mitra Unggas On Line
Jl. Joyo Raharjo VI No. 176, Malang
65144, Jawa Timur
Telp: 0341 9860659, 085646415625
Fax: 0341 573561
http://www.mitraunggas.com

Yanka
Jl. Monjali 63 B Nandari Sleman, Yogyakarta
Telp: 0274 625523, 081314770524

Asosiasi

Balai Penelitian Ternak
Jl. Veteran III Banjarwaru Ciawi, Bogor 16720, Jawa Barat
Telp: 0251 8240752

Koperasi Ternak Itik Sejahtera
Jl. S. Parman No.22 Kab. Mojokerto
Kec. Mojosari, Desa Modopuro
Telp: 0321 591691

Badan Pusat Statistik Kota Cirebon
Jl. Kapt. Samadikun No.1 Cirebon, Jawa Barat
Telp: 0231 205562
Fax: 0231 247807

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jawa Barat
Jl. Kayuambon 80 Lembang 40391, Bandung Barat
Telp: 022 2786238
Fax: 022 2789846

Direktorat Jenderal Peternakan
Kantor Pusat Departemen Pertanian
Gedung C Lantai 6 Ragunan
Jakarta Selatan 12550
Telp: 021 7827912
Fax: 021 7827774
http://www.ditjennak.go.id






Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Untung Sangat Menggiurkan dari Usaha Penetasan dan Pembesaran Meri"

Posting Komentar